1

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Kendaraan Bermotor Honda BeAT di Netral Jaya Motor Tasikmalaya

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Dalam era globalisasi tidak ada negara yang tidak terkena dampak globalisasi. Dampak adanya globalisasi adalah adanya persaingan bebas. Adanya persaingan bebas menjadikan perusahaan memasuki lingkungan yang berbeda dari sebelumnya. Pasar tidak lagi dimasuki oleh pesaing-pesaing domestik melainkan telah dimasuki oleh pesaing-pesaing dari luar negeri yang memasarkan produk dan jasa yang memiliki keunggulan kompetitif tingkat dunia. Untuk mendukung eksistensi perusahaan dalam persaingan tersebut, perusahaan dituntut untuk menghasilkan produk yang terbaik bagi konsumen yang menggunakan produknya.

Semakin ketatnya persaingan perdagangan, baik pasar barang atau jasa, dapat terlihat adanya kecenderungan bahwa masa mendatang merupakan era konsumen maka perlu adanya perhatian terhadap konsumen dan pengontrolan terhadap pencapaian mutu. Posisi konsumen atau pelanggan menjadi semakin penting dan menentukan bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, sehingga produsen atau pemasar harus bekerja lebih efektif, produktif dan efisien.
Hal tersebut di atas merupakan tujuan perusahaan untuk menciptakan competitive adventage (keunggulan bersaing). Menurut Hansen Mowen (2001), competitive adventage adalah salah satu kondisi perusahaan yang dapat menciptakan nilai tambah bagi konsumen yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah atau memberikan nilai tambah bagi konsumen yang sama dengan harga atau pengorbanan yang lebih rendah.
Dalam menciptakan kondisi competitive adventage tersebut, salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan keunggulan kualitas produk yang lebih baik kepada konsumen dibanding dengan kualitas yang diberikan oleh pesaing lain. Untuk memberikan kualitas yang lebih baik dari pesaingnya tanpa harus menaikkan harga jual produk, maka sangat diperlukan informasi yang menyediakan data biaya kualitas secara lengkap.
Dengan adanya kualitas yang sesuai dengan harapan konsumen, maka konsumen akan merasa puas terhadap manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. Kepuasan konsumen atau pelanggan merupakan modal perusahaan untuk terus eksis dalam persaingan, karena kepuasan pelanggan merupakan faktor penentu bagi konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan secara terus menerus.
Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen terhadap manfaat yang diberikan oleh produk tersebut, maka konsumen akan tertarik untuk terus menggunakan atau membeli produk tersebut. Sehingga tingkat loyalitas konsumen terhadap produk tersebut semakin besar.
Kendaraan roda dua ber-transmisi otomatis ternyata semakin populer dan mampu menguasai pasar sepeda motor Indonesia pada pertengahan tahun 2010. Bahkan, pada penjualan sepeda motor nasional pada Juni lalu, varian sepeda motor matik mampu mengakhiri dominasi varian bebek atau underbone. Berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) kontribusi skutik terhadap pasar nasional telah mencapai 48,4% dengan penjualan sebesar 317.617 unit pada Juni 2010. Sementara itu, penjualan bebek hanya mencapai 300.528 unit atau 45,8% dan sport 37.164 unit atau 5,6%. Dari sumber yang sama juga menyebutkan bahwa, total penjualan tertinggi sepeda motor skuter otomatis alias skutik masih dipegang oleh Yamaha pada bulan Mei 2010 tercatat 271.549 unit dengan varian Yamaha Mio. Khusus PT Astra Honda Motor (AHM) yang berada diperingkat ke dua, mencatat penjualan bulanan skuter matik (skutik) tertingginya sepanjang Mei 2010, yaitu 136.205 unit, naik 124,6% dibandingkan Mei 2009. Kontribusi terbesar penjualan skutik AHM berasal dari model Honda BeAT yang terjual sebanyak 68.245 unit, diikuti dengan Honda Vario sebanyak 67.960 unit. Sedangkan Suzuki dengan Suzuki Spin berada di peringkat ketiga yang hanya menjual 120.995 unit skutik untuk bulan Mei 2010 (sumber: www.astra-honda.com).
Honda BeAT sejak pertama kali di perkenalkan pada tahun 2006 sudah memiliki tempat di hati para pecinta motor matic. Dengan kapasitas mesin 108cc dan memiliki kelebihan tampilan motor sport modern yang penampilannya terlihat stylish dan elegan, salah satunya, desain lampu depan ultra sporty dengan lampu lebih cerah dan terang sehingga aman untuk dikendarai dimalam hari. Dengan keunggulan tersebut Honda BeAT mampu bersaing di pasar motor matic bahkan di Honda sendiri Honda BeAT mampu mengungguli pendahulunya Honda Vario dalam angka penjualan motor tipe matic.
Kompetitor utama Honda BeAT adalah Yamah Mio yang berada di peringkat pertama penjualan sepeda motor matic, dikarenakan Yamaha Mio memiliki citra kepraktisan dan kecepatan. Terlebih karena citra keseluruhan Yamaha adalah sepeda motor kelas dunia. Untuk hal ini, persepsi yang kemungkinan muncul karena bintang iklan produk Yamaha memakai juara MotoGP yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Di samping citra merk tersebut, kualitas motor Yamah Mio sudah teruji, terbukti dengan dikuasainya sebagian besar pangsa pasar penjualan motor matic beberapa tahun terakhir ini. Tetapi Yamaha Mio masih kalah dengan Honda BeAT dalam segi fitur tambahan dan safety, contohnya di Honda BeAT ada fitur tambahan berupa pengunci rem belakang. Untuk kompetitor lain yaitu Suzuki Spin yang berada di peringkat ketiga di bawah Honda BeAT, belum mampu berbicara banyak dalam persaingan penjualan motor matic dikarenakan modelnya yang standar dan tidak memiliki fitur yang menarik hanya memiliki kelebihan di kapasitas mesin yang besar yaitu sebesar 125cc di atas Honda BeAT dan Yamaha Mio yang masing-masing kapasitas mesinnya sebesar 108cc dan 110cc.
Dealer Netral Jaya Motor merupakan salah satu jaringan dealer resmi sepeda motor Honda di Kota Tasikmalaya. Dengan menggandeng nama besar Honda yang sangat konsisten dengan kualitas baik dari segi kualitas produk maupun layanan purna jual, Netral Jaya Motor mampu bersaing dalam pasar penjualan sepeda motor di Kota Tasikmalaya. Selain kualitas merek, peningkatan penjualan sepeda motor juga didukung berbagai pelayanan yang ditawarkan Netral Jaya Motor seperti subsidi uang muka sebesar Rp 300.000 serta diskon angsuran selama dua kali angsuran, program tersebut berlaku khusus untuk mahasiswa dan pelajar. Bentuk layanan lain yang diberikan Netral Jaya Motor adalah khusus untuk penjualan secara kredit konsumen akan mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) secara cuma-cuma. Dengan kelebihan fitur tambahan, kualitas tidak di ragukan lagi dan citra merk Honda yang sudah mendunia serta didukung jaringan dealer yang luas, Honda BeAT diharapkan mampu bersaing dalam pasar penjualan sepeda motor matic khususnya di kota Tasikmalaya yang sampai saat ini masih dikuasai oleh Yamaha Mio.
Bertitik tolak dari masalah di atas, maka penulis melakukan penelitian mengenai kualitas produk serta pengaruhnya terhadap keunggulan bersaing dan dituangkan dalam judul “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Kendaraan Bermotor Honda BeAT di Netral Jaya Motor Tasikmalaya”.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka dapat diidentifikasikan masalahnya sebagai berikut :
1. Bagaimana kualitas produk pada kendaraan bermotor Honda BeAT di Netral Jaya Motor Tasikmalaya.
2. Bagaimana keunggulan bersaing pada kendaraan bermotor Honda BeAT di Netral Jaya Motor Tasikmalaya.
3. Bagaimana pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada kendaraan bermotor Honda BeAT di Netral Jaya Motor Tasikmalaya.

One Response so far.

  1. alex says:

    bisa minta skripsi lengkapnya gak?gimna caranya?

Leave a Reply