0

PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Salah satu sumber hayati yang sudah dapat dimanfaatkan secara maksimal adalah kayu yang memiliki peluang menghasilkan devisa negara yang cukup menjanjikan. Banyak negara-negara asing membutuhkan hasil olahan kayu mahoni ataupun jati yang telah menjadi barang jadi seperti peralatan rumah tangga misalnya meja makan, lemari, kursi, tempat tidur dan lain sebagainya.
Sebagian besar masyarakat Indonesia, sudah banyak mengenal produk hasil olahan kayu jati ukiran baik pada masyarakat bawah maupun menengah. Di daerah-daerah tertentu di Jawa, misalnya pengolahan kayu jati sudah lama dilakukan mereka, kemudian hasil olahan itu menjadi komoditi untuk diperdagangkan.
Perdagangan hasil kayu olahan tidak terbatas didalam negeri saja melainkan sudah lama merambah ke luar negeri. Adapun hubungan perdagangan dengan luar negeri mengakibatkan bertambahnya peran hasil olahan kayu untuk meningkatkan penerimaan negara. Perdagangan hasil olahan kayu tidak hanya dilakukan setelah negara Indonesia merdeka tetapi dilakukan oleh masyarakat pulau Jawa khususnya sebelum kemerdekaan negara ini, hasil olahan kayu diperdagangkan kepada pedagang diluar negeri seperti Belanda dan juga Negara-negara di Asia. (Sumber:http://id.wikipedia.org).
Hasil olahan kayu merupakan komoiditi yang mulai dapat diandalkan untuk penerimaan negara, kayu telah dipandang sebagai komoditi perdagangan hasil hutan berupa kayu olahan yang cukup penting bagi negara Indonesia. Produk kayu olahan berupa alat peralatan rumah tangga yang berkualitas dan siap untuk dipasarkan. Agar aktivitas pemasaran tersebut dapat berjalan dengan baik, maka pihak perusahaan melakukan salah satu usaha yaitu menetapkan harga produk. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan konsumen dalam menentukan pembelian terhadap produk yang dijual oleh perusahaan.
Pengolahan kayu jati menjadi peralatan rumah tangga yang dilakukan oleh di Indonesia pada umumnya masih sangat sederhana atau boleh dikatakan masih sangat tradisional, hal ini merupakan kendala bagi berkembangnya perdagangan ke luar negeri. Dalam kondisi seperti ini sebaiknya pemerintah turun tangan dan memperhatikan para pengrajin serta pengusaha agar produk-produk yang dipasarkan oleh masyarakat memiliki daya saing yang tinggi. Pengolahan kayu dapat digolongkan dalam industri padat karya, karena industri ini pada umumnya tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan berteknologi tinggi.
Faktor – faktor yang mempengaruhi penetapan harga adalah keadaan ekonomi, persaingan, inflasi, biaya produksi dan biaya penelitian. Maka itu semua dapat mempengaruhi terhadap penetapan harga. Semakin tepat harga yang ditetapkan semakin naik pula volume penjualan. Kondisi seperti ini penetapan harga berpengaruh terhadap volume penjualan.
Perusahaan Meubel Kencana merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri olahan kayu jati terutama untuk peralatan rumah tangga seperti kursi, lemari, tempat tidur dan sebagainya. Produk yang di buat perusahaan diupayakan menembus pasar dalam negeri umumnya terutama di pulau Jawa dan khususnya di kota Tasikmalaya. Pangsa pasar didalam negeri mengalami kondisi yang kurang menguntungkan karena krisis moneter yang terjadi dan juga persaingan dalam industri olahan kayu ini sangat ketat. Tetapi pihak perusahaan dalam hal ini perusahaan Meubel Kencana telah berusaha keras untuk tetap menjalankan perusahaannya dengan menggunakan berbagai strategi.
Salah satu strategi yang dijalankan adalah melakukan penetapan harga, penetapan harga yang dilakukan disesuaikan dengan kualitas produk, daya beli konsumen, dan pemasaran dari produk-produk yang dihasilkan diharapkan akan dapat meningkatkan volume penjualan. Namun pihak perusahaan belum mengetahui dengan pasti apakah penetapan harga mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan industri Meubel tersebut.
Berdasarkan masalah pokok yang telah diuraikan diatas, maka penyusun tertarik untuk mengadakan penelitian yang akan dituangkan dalam bentuk skripsi dengan judul : “Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan

Leave a Reply