0

Penggunaan Alat Peraga Tubuh (Torso) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I SD dalam Mengenal Anggota Tubuh serta Kegunaannya dan Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I SD dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan kita, proses belajar mengajar merupakan kegiatan mentransfer ilmu dari seorang yang memiliki ilmu dan pengetahuan lebih luas dalam hal ini di sebut guru kepada seseorang yang membutuhkan atau ingin mengetahui lebih tentang ilmu pengetahuan dalam hal ini murid. Tujuan dari proses belajar mengajar itu sendiri adalah ilmu pengetahuan yang di transfer seorang guru dapat di pahami oleh seluruh muridnya serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya proses yang dapat dilaksanakan oleh guru dan di mengerti oleh seluruh muridnya serta didukung oleh sarana belajar yang memadai.

Saran belajar itu sendiri berupa media yang dapat membantu guru dalam menerangkan bahan pelajaran. Dr. Oemar Hamalik (1986) mengemukakan bahwa media pendidikan adalah alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
Kondisi proses belajar mengajar di kelas I SDN VI Pangandaran yang memiliki siswa sebanyak 23 orang selama ini masih kurang daya serap siswa dalam menyerap mata pelajaran yang di sampaikan oleh guru salah satunya mata pelajaran IPA. Dalam mata pelajaran IPA, guru mengajarkan materi tentang anggota tubuh dan kegunaannya dengan menggunakan alat peraga, setelah dilakukan evaluasi hanya sebagian siswa mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kondisi seperti ini disebabkan oleh kurangnya siswa dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru karena terjadinya komunikasi satu arah, hanya guru yang menjelaskannya saja tanpa adanya pertanyaan balik dari siswa, ada juga siswa yang hanya terfokus pada alat peraga saja tanpa memerhatikan penjelasan dari guru.
Pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS, guru mengajarkan materi tentang kebersihan lingkungan. Proses belajar mengajar cenderung berjalan satu arah, guru tidak melibatkan siswa dalam diskusi dua arah. Saat ada siswa yang tidak mengerti atau kurang jelas dengan penjelasan dari guru, guru hanya menjawab tanpa menanyakan ulang apakah siswa tersebut sudah mengerti atau belum. Siswa juga tidak dilibatkan untuk memberikan penjelasan kepada temannya yang belum mengerti, sehingga kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Dari hasil evaluasi hanya sebagian kecil siswa saja yang dapat memahami materi tersebut
Dengan kondisi seperti itu, perlu adanya perbaikan metode pembelajaran sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara optimal. Untuk proses perbaikan pembelajaran IPA guru mengambil langkah mengoptimalkan penggunaan alat peraga tubuh (Torso) disertai dengan diskusi dua arah, sedangkan untuk proses pembelajaran IPS guru menerapkan metode tanya jawab.
Bertitik tolak dari uraian di atas, maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Penggunaan Alat Peraga Tubuh (Torso) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I SD dalam Mengenal Anggota Tubuh serta Kegunaannya dan Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas I SD dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan”.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka dapat ditarik rumusan masalahnya sebagai berikut :
1. Untuk Mata Pelajaran Eksak: IPA.
Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang anggota tubuh serta kegunaannya melalui penggunaan alat peraga tubuh (Torso)?
2. Untuk Mata Pelajaran non Eksak: IPS.
Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Menjaga Kebersihan Lingkungan melalui penerapan metode tanya jawab?

Leave a Reply